Workshop Pembuatan dan Review Soal CBT dan OSCE Pendidikan Profesi Apoteker

Workshop Penulisan dan Review soal CBT dan OSCE merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap semester oleh Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker Fakultas Farmasi Universitas Bhakti Kencana, di Hotel Shakti, 13 November 2019.

Workshop ini bertujuan untuk:

  • Memperoleh soal CBT dan OSCE yang memenuhi standar kaidah penulisan soal sesuai dengan Blueprint UKAI
  • Meningkatkan kemampuan dosen FF UBK dalam menulis soal CBT dan OSCE
  • Meningkatkan kemampuan dosen FF UBK dalam mereview soal CBT dan OSCE dalam melakukan proses penelaahan soal uji kompetensi.

Upaya yang dilakukan meliputi mengembangkan SDM yang terlatih baik sebagai penulis maupun penelaah soal serta mengembangkan proses yang berkesinambungan mulai dari penulisan dan penelaahan soal sejak tingkat institusi, regional sampai nasional perlu dilakukan . Penulis soal yang diundang adalah dosen tetap dan praktisi yang terlibat dalam pengajaran dan bimbingan terhadap mahasiswa FF UBK.

Hasil workshop diharapkan dapat menambah bank soal Uji kompetensi Apoteker yang baik dan selaras dengan praktek kefarmasian yang berjalan, sehingga dapat memberikan kontribusi soal yang berkualitas ke dalam bank soal Prodi Apoteker FF UBK dan diterima panitia UKAI, serta dapat mempertahankan dan meningkatkan persentase kelulusan mahasiswa Program Profesi Apoteker di Fakultas Farmasi Universitas Bhakti Kencana.

R. Herni Kusriani, M.Si., Apt.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *