Kegiatan Workshop Penulisan RPS Semester Genap TA 2021-2022

farmasi.bku.ac.id, Bandung. Rencana Pembelajaran Semester (RPS) adalah dokumen perencanaan pembelajaran yang disusun sebagai panduan bagi mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan perkuliahan selama satu semester untuk mencapai capaian pembelajaran yang telah ditetapkan. RPS itu sendiri mengacu kepada kurikulum. Kurikulum dirumuskan sebagai keseluruhan program yang direncanakan, disusun, dilaksanakan, dan dievaluasi, serta dikembangkan oleh suatu program studi, dalam rangka menghasilkan lulusan yang memiliki capaian pembelajaran tertentu yang direncanakan.

Standar kompetensi tentang kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dinyatakan dalam rumusan  capaian pembelajaran lulusan (CPL). Standar proses pembelajaran merupakan kriteria minimal tentang pelaksanaan pembelajaran program studi untuk memperoleh CPL, standar yang dimaksud disusun untuk setiap mata kuliah dan disajikan dalam RPS.

Pasal 12 Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 menentukan, bahwa perencanaan proses pembelajaran disusun untuk setiap mata kuliah dan disajikan dalam RPS. RPS adalah rencana proses pembelajaran yang disusun untuk  kegiatan pembelajaran selama satu semester guna memenuhi capaian  pembelajaran yang dibebankan pada mata kuliah. Penyusunan RPS ditetapkan dan dikembangkan oleh dosen secara mandiri atau bersama dalam kelompok keahlian suatu bidang ilmu pengetahuan dan/atau teknologi dalam program studi. RPS juga berisi penjelasan bagaimana bahan kajian disampaikan ke mahasiswa dengan cara yang tepat dan efesien, mahasiswa juga mengetahui indikator untuk mengukur kelulusan sekaligus bobot nilai yang akan diperoleh jika lulus pada kajian tersebut.

Tujuan dari workshop RPS ini sebagai bentuk persiapan dosen sebelum melaksanakan perkuliahan dan sudah menjadi tanggung jawab dosen untuk menyiapkan perangkat perkuliahan. Penyusunan RPS dikembangkan oleh dosen secara mandiri atau bersama dalam kelompok keahlian suatu  bidang ilmu pengetahuan dan/atau teknologi dalam program studi. Oleh karena itu penyusunan RPS ini sangat relevan dengan capaian pembelajaran hingga nantinya dapat mendukung profil lulusan mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Bhakti Kencana.

Sasaran kegiatan ini adalah seluruh dosen di lingkungan Fakultas Farmasi Universitas Bhakti Kencana.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin, 27 Desember 2021 yang dilakukan secara daring.

Leave a Reply

Your email address will not be published.