Bahan alam merupakan bahan atau material yang ada di alam sekitar. Bahan alam terdapat di alam dan ditemukan di tanah atau bagian dari hewan atau tumbuhan.

Sejak awal peradaban manusia, manusia bergantung pada alam untuk penyehatan maupun penyembuhan, dari bahan alam dihasilkan obat, Indonesia adalah negara megabiodiversitas, nenek moyang kita juga mendayagunakan sumber daya alam untuk penyehatan dan penyembuhan.

Contoh dari bahan alam tradisional yaitu jamu, Jamu merupakan warisan budaya yang turun-temurun digunakan secara luas untuk pemeliharaan kesehatan, kebugaran, vitalitas, pencegahan penyakit,pengobatan penyakit dan kecantikan.

Pada kuliah tamu kali ini Dr. (cand). dr. Inggrid Tania, M.Si memberikan pandangan tentang potensi pengembangan bahan alam yang bisa dimanfaatkan.

Obat bahan alam diantaranya jamu, obat herbal terstandar dan fitofarmaka,
Jamu, keamanan dan khasiat didiskusikan secara empiris > 12.000
Obat herbal Terstandar, Keamanan dan khasiat dibuktikan secara ilmiah melalui uji praklinik, bahan baku telah distandarisasi jumlah 86
Fitofarmaka, Keamanan dan khasiat dibuktikan secara ilmiah melalui uji praklinik dan uji klinik, bahan baku dan produknya telah distandarisasi, Jumlah 26 (BPOM,2021).

Untuk lebih jelasnya materi yang bermanfaat ini bisa disimak di youtube Fakultas Farmasi, Universitas Bhakti Kencana.

Leave a Reply

Your email address will not be published.