Program Studi DIPLOMA III Fakultas Farmasi Universitas Bhakti Kencana bertujuan mendidik mahasiswa menjadi Tenaga Teknis Kefarmasian yang profesional dan kompeten dalam bidang pelayanan kefarmasian, produksi sediaan farmasi, distribusi sediaan farmasi dan sebagai asisten peneliti pada berbagai penelitian.

Program Studi Diploma III Fakultas Farmasi Bhakti Kencana memiliki peran sangat strategis dalam menyiapkan generasi muda untuk memiliki pengetahuan, keterampilan dan karakter yang unggul sehingga menjadi tenaga kerja yang siap terjun sebagai entreupreneur di dunia industri maupun pelayanan bahkan wirausaha. Program Studi Diploma III Fakultas Farmasi Bhakti Kencana dalam menyelenggarakan pendidikannya berlandaskan kepada regulasi pendidikan Indonesia. Demikian pula, dalam mendesain dan mengimplementasikan kurikulumnya selalu memperhatikan ketentuan yang berlaku agar senantiasa relevan dengan konteks Nasional Indonesia, namun berwawasan global serta memiliki kemampuan aplikatif dan inovatif.

Kurikulum pembelajaran prodi DIII terdiri dari kurikulum inti dan kurikulum institusional. Kurikulum inti terdiri atas kelompok Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK), kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK), kelompok Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB), kelompok Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB), dan kelompok Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB). Sedangkan, kurikulum institusional terdiri dari mata kuliah pilihan dan mata kuliah wajib institusi.

Prodi Diploma III Fakultas Farmasi UBK memiliki ciri dalam menerapkan aspek-aspek praktis yang didukung oleh teori yang tepat. Hal ini untuk membedakan terhadap pendidikan akademis yang lebih mengutamakan capaian teoritis didukung aspek praktis. Komposisi praktek lebih banyak jam pelaksanannnya dibandingkan teori pendukung dan hal inilah yang menjadi kunci keberhasilan penyelenggaraan proses pendidikan yang berdampak pada lulusan. Dalam penyelenggaraan pendidikan selain teori dan praktek, Prodi DIII Farmasi juga bekerjasama dengan institusi lain seperti industri farmasi, rumah sakit, apotek, klinik, institusi pemerintah yang relevan untuk pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan /magang sehingga diharapkan mahasiswa dapat memiliki kompetensi di bidangnya sebagai Tenaga Teknis Kefarmasian yang siap bekerja.

Proses belajar mengajar di Program Studi Diploma III Farmasi menggunakan metode pembelajaran Student Centered Learning, Computer Based Learning dan Self Learning yang mengikuti standar Asosiasi Perguruan Diploma Farmasi Indonesia (APDFI) dan secara berkala melakukan evaluasi dan pengembangan kurikulum. Metode e-learning juga telah diterapkan untuk beberapa mata kuliah.

Beban studi kumulatif di Program Diploma Farmasi adalah 110 SKS yang dapat diselesaikan selama 6 sd 10 semester. Gelar yang diperoleh bagi para lulusan adalah Ahli Madya Farmasi (A.Md Farm). Selanjutnya Mahasiswa wajib mengikuti Ujian Kompetensi Tenaga Teknis Kefarmasian (UKTTK) yang diselenggarakan oleh Institusi pendidikan dan Organisasi Profesi PAFI (Persatuan Ahli Farmasi Indonesia) untuk mendapatkan sertifikat kompetensi (SERKOM). Selanjutnya lulusan prodi Diploma 3 Farmasi UBK akan mendapatkan Surat Tanda Registrasi Tenaga Teknis Kefarmasian (STRTTK) yang difasilitasi oleh kampus secara kolektif.

Prodi D-3 Farmasi Universitas Bhakti Kencana (Prodi D-3 FFUBK) telah terakreditasi B per bulan April 2019, berdasarkan SK Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) No. 0209/LAM-PTKes/Akr/Dip/Khs/IV/2019. Sebelumnya, Prodi D-3 FFUBK terakreditasi dengan peringkat C sesuai SK BAN-PT No. 005/BAN-PT/Ak-X/Dpl-III/VI/2010. Kemudian melakukan akreditasi kembali tahun 2014 dan peringkat meningkat menjadi B sesuai dengan SK BAN-PT No. 174/BAN-PT/Akred/Dpl-III/VI/2014.

STRUKTUR ORGANISASI PROGRAM STUDI

PROFIL LULUSAN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN DIPLMA III FARMASI FF UBK

profil-diploma-3

VISI

Menjadi Program Studi Diploma III Farmasi yang mandiri, Unggul dan berdaya saing ditingkat nasional dalam menghasilkan Tenaga teknis Kefarmasian di bidang Pelayanan &Teknologi Farmasi yang memiliki jiwa pharmapreneur pada tahun 2030

MISI

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan untuk menghasilkan Tenaga Ahli Madya Farmasi yang unggul sesuai kompetensi dan selaras dengan kebutuhan dunia kerja yang memiliki jiwa pharmapreuner.
  2. Menyelenggarakan penelitian dalam mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang kefarmasian dan implementasinya dalam proses pembelajaran dan kegiatan pengabdian masyarakat.
  3. Meningkatkan kapasitas civitas akademika yang mandiri, komunikatif, dan inovatif
  4. Memperluas jaringan kerjasama dalam bidang Tri Tridharma Perguruan Tinggi dengan Lembaga pemerintah, swasta, stake holder dan perguruan tinggi lainnya

TUJUAN

  1. Melaksanakan program pendidikan Ahli Madya yang menghasilkan lulusan unggul, berdaya saing dan berjiwa pharmapreneur
  2. Mengimplementasikan hasil Penelitian di bidang kefarmasian dan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan Kesehatan masyarakat
  3. Menghasilkan tenaga Kesehatan yang kompetitif, berkarakter dan berjiwa pharmapreneur.
  4. Meningkatkan kualitas dan kuantitas kerja sama dalam bidang Tri Tridharma Perguruan Tinggi dengan Lembaga pemerintah, swasta, stake holder dan perguruan tinggi lainnya

SASARAN

  1. Meningkatnya lulusan tepat waktu lebih dari 90%
  2. Tercapainya lulusan UKOM > 90%
  3. Tercapainya IPK lulusan ≥2,75 dengan IPK rata-rata > 3,00
  4. Tercapainya keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan PKM internal ≥ 90%.
  5. Meningkatnya keterlibatan mahasiswa dalam ajang perlombaan akademik dan non akademik baik internal maupun eksternal ≥ 10%
  6. Meningkatnya jumlah penelitian dosen yang mendapat hibah baik dari internal maupun eksternal ≥50%.
  7. Meningkatnya jumlah keterlibatan dosen dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat ≥50%.
  8. Meningkatnya jumlah keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat bersama dengan dosen ≥90%.
  9. Meningkatnya jumlah mahasiswa yang terlibat dalam publikasi dosen >10%.
  10. Terlaksananya kegiatan penunjang peningkatan softskill minimal 1x per semester.
  11. Terlaksananya kegiatan yang melibatkan pakar professional dalam kuliah tamu minimal 2x per semester
  12. Tercapainya perjanjian kerjasama dengan stakeholder dalam menunjang kegiatan tridaharma perguruan tinggi ≥70%.

Prospek Kerja
Hasil tracer study, sampai saat ini lulusan Diploma III Farmasi Fakultas Farmasi telah tersebar di seluruh Indonesia dan bekerja di :
1) Industri Obat, Obat Tradisional, Kosmetika, dan Makanan Minuman
2) Rumah Sakit Pemerintah dan Swasta
3) Puskesmas
4) Pedagang Besar Farmasi (PBF)
5) Apotek dan Klinik
6) Instansi pemerintah
7) Wirausahawan
8) Pekerjaan lain yang terkait Kefarmasian
9) Melanjutkan Pendidikan ke jenjang lebih tinggi

Tracer Lulusan 2019
Tracer Lulusan 2020
Video Promosi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *