Capaian Pembelajaran

Tujuan Pendidikan Program Magister Farmasi adalah menghasilkan lulusan yang dapat mengamalkan ilmunya di masyarakat untuk menyejahterakan bangsa berdasarkan etika dan moral, serta diakui keilmuannya secara nasional maupun internasional.
Pendidikan Farmasi jenjang Magister diselenggarakan oleh Fakultas Farmasi Universitas Bhakti Kencana Bandung dengan tujuan menghasilkan lulusan yang akan diserap pasar baik tingkat nasional atau regional. Lulusan Magister Farmasi akan menjadi pendidik, peneliti di lembaga penelitian atau di perguruan tinggi, sebagai konsultan farmasi disarana kefarmasian dan menjadi wirausaha dibidang bahan alam.

Sikap
Setiap lulusan program pendidikan akademik, vokasi, dan profesi harus memiliki Aspek Sikap;

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

Pengetahuan
Setiap lulusan magister mempunyai Aspek Pengetahuan;

  1. Mampu memecahkan permasalahan sains dan teknologi di bidang kefarmasian menggunakan pendekatan inter atau multidisipliner yang bertumpu pada konsep teoritis ilmu-ilmu kefarmasian dan kesehatan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia
  2. Mampu mengidentifikasi, menganalisis dan merumuskan strategi pemecahan masalah dalam hal pengembangan dan penggunaan produk kefarmasian serta pekerjaan kefarmasian guna meningkatkan kualitas hidup manusia.

Keterampilan Umum
Setiap lulusan magister memiliki Aspek Keterampilan Umum;

  1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional.
  2. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya
  3. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas.
  4. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin.
  5. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.
  6. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas.
  7. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri.
  8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Keterampilan Khusus
Setiap lulusan magister mempunyai Aspek Keterampilan Khusus;

  1. Mampu mengembangkan ilmu dan teknologi kefarmasian dalam hal sediaan farmasi yang mencakup bahan obat, obat, obat tradisional, dan produk terkait dengan kesehatan (makanan minuman, alat kesehatan dan diagnostika) serta pelayanan kefarmasian melalui riset inovatif, aplikatif dan mendapatkan pengakuan secara nasional maupun internasional.
  2. Mampu mengelola program riset dasar maupun terapan di bidang kefarmasian dengan memanfaatkan sains dan teknologi untuk membangun jejaring riset pada tingkat nasional dan internasional.

VISI
Menjadi Prodi Magister Ilmu Farmasi yang unggul dan inovatif dalam pendidikan dan penelitian di bidang ilmu kefarmasian khususnya pemanfaatan bahan alam untuk meningkatkan kualitas hidup.
Penjabaran Visi:
Unggul
Memiliki kemampuan adaptif dalam pengembangan ilmu pengetahuan baik dalam pendidikan ataupun penelitian dibidang ilmu kefarmasian sehingga dapat
dimanfaatkan secara komprehensif.
Inovatif
Kemampuan dalam mengembangkan atau mendesain suatu konsep, gagasan atau ide dalam memecahkan suatu permasalahan terkait ilmu kefarmasian.
Meningkatkan Kualitas Hidup
Keilmuan farmasi yang diterapkan sebagai upaya untuk preventif, kuratif, rehabilitatif, dan paliatif.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan magister farmasi yang berkualitas sesuai dengan perkembangan ilmu kefarmasian.
  2. Menyelenggarakan pengelolaan Program Studi Magister Farmasi yang profesional dan menunjang tridharma Perguruan Tinggi.
  3. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian masyarakat yang menjawab permasalahan kefarmasian melalui pendekatan inovatif.
  4. Menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai stakeholder yang menunjang pengembangan ilmu kefarmasian.

Leave a Reply

Your email address will not be published.