WORKSHOP PENYUSUNAN RPS di FAKULTAS FARMASI UBK

Dalam rangka menghadapi tantangan bagi perguruan tinggi di era Revolusi Industri 4.0, maka Fakultas Farmasi Universitas Bhakti Kencana mengembangkan kurikulum masing-masing prodi untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan literasi baru meliputi literasi data, literasi teknologi, dan literasi manusia yg berakhlak mulia berdasarkan pemahaman keyakinan agama. Reorientasi pengembangan kurikulum ini telah menghasilkan kurikulum 2019 yang diharapkan dapat menjawab tantangan tersebut.

Oleh karena itu, pada hari Selasa, 10 Desember 2019, Fakultas Farmasi UBK melaksanakan WORKSHOP PENYUSUNAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) di Hotel Shakti, Jl. Soekarno Hatta No.735, Cimenerang, Kec. Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat. Workshop ini dilaksanakan dalam rangka melengkapi dokumen kurikulum 2019 dan dihadiri oleh 50 dosen tetap Fakultas Farmasi dari berbagai bidang keilmuan (Biologi Farmasi, Analisis Farmasi dan Kimia Medisinal, Farmasetika dan Teknologi Farmasi, Farmakologi dan Farmasi Klinis, Farmasi Umum dan Apoteker, serta Ilmu dasar dan humaniora).

Kegiatan ini merupakan salah satu tahap dalam rangkaian tak terputus peninjauan Kurikulum 2013 revisi 2014 (yang sebelumnya berjalan) yang dimulai dari bulan September 2018. Rangkaian ini diawali dari Tahap Perancangan Kurikulum dengan melakukan analisis kebutuhan (market signal), tracer pengguna lulusan dan tracer study yang menghasilkan profil lulusan serta analisis yang dilakukan oleh program studi sesuai dengan disiplin bidang ilmunya (scientific vision) yang menghasilkan bahan kajian.

Selanjutnya dari kedua hasil tersebut dirumuskan Capaian pembelajaran Lulusan (CPL), mata kuliah beserta bobot sks nya, dan penyusunan organisasi mata kuliah dalam bentuk matrik yang dilakukan oleh Tim Pengembang Kurikulum dan Prodi.

Penyusunan RPS ini merupakan bagian tahap kedua dalam pengembangan kurikulum yakni Tahap Perancangan Pembelajaran. Perancangan pembelajaran dilakukan secara sistematis agar menghasilkan RPS dan perangkat pembelajaran yang lainnya, seperti instrumen penilaian, rencana tugas, bahan ajar, dll yang dapat dijalankan dalam proses pembelajaran secara efisien dan efektif.

Diharapkan dengan selesainya tahap ini, proses pembelajaran menggunakan Kurikulum 2019 dapat berlangsung dengan efisien dan efektif untuk memenuhi CPL yang ditetapkan prodi.
Tentunya, penerapan kurikulum 2019 ini kelak akan masuk pada Tahap Evaluasi Program Kurikulum yang dirancang fakultas dilaksanakan secara periodik.

liamarliani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *