Kuliah Tamu PRODI S1 Fakultas Farmasi

Program Studi Sarjana Fakultas Farmasi Universitas Bhakti Kencana (UBK) menyelenggarakan Kuliah Tamu mengenai “Pharmapreneur di Era Milenial” sekaligus Workshop “Tata Cara Penulisan Karya Tulis Ilmiah” pada Sabtu, 02 November 2019 yang bertempat di Aula Universitas Bhakti Kencana, Jl. Soekarno Hatta No. 754, Bandung.

Acara ini diikuti oleh Mahasiswa Farmasi program sudi Sarjana dari berbagai tingkatan (tingkat 1 sampai dengan tingkat 4) yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai karya tulis ilmiah dan manfaatnya serta dalam menghadapi Tugas Akhir di semester 8.

Elis Susilawati, M.Si., Apt. selaku Ketua Program Studi Sarjana Farmasi UBK turut hadir dalam acara ini dan sekaligus sebagai pembicara mengenai “Panduan Penulisan Tugas Akhir”. Acara pertama diisi oleh Dr. Rendra P. Tofani, M.Si., Apt. selaku pembicara kuliah tamu mengenai “Pharmapreuneur di Era Milenial”. Pada pemaparannya bahwa di era milenial persentase tertinggi produk yang mendapatkan persetujuan izin edar oleh BPOM adalah produk kategori Kosmetik dimana tahun 2019 berada pada angka 61% untuk kosmetik, di ikuti oleh Makanan dan minuman di angka 31,6%. Begitupun di pasar global, produk skin care menempati urutan teratas dalam market pada tahun 2014-2019 dengan Top kategori teratas yaitu facial moisturizer dan Anti-agers. Hal tersebut menjadi peluang untuk bisnis di era milenial ini.

Pada acara ke dua di isi oleh Dr.rer.nat. Agus Chahyadi selaku pembicara workshop mengenai “Kiat- kiat Penelusuran Pustaka dan Kaidah Penulisan Publikasi”. Dr.rer.nat. Agus Chahyadi merupakan CEO Markherb (Start-up Company) dan Manager Editor CRBB Journal. Beliau memaparkan bahwa penelitian yang baik akan menghasilkan makalah yang baik, dimana penelitian yang baik diawali dengan persiapan yang baik pula. Dalam penelitian terdapat 3 tahapan: 1. Rencana Penlelitan; 2. Metode dan Karakterisasi; 3. Analisa.

Acara ditutup dengan Workhop Penulisan Journal yang di sampaikan oleh Ari Yuniarto, M.Si., Apt. Selaku dosen di UBK dan sekaligus bagian research.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *